Hore! Mahasiswa D3 Farmasi Politeknik META Industri Cikarang dinobatkan sebagai Jawara Lomba Kompetensi D3 Farmasi se-Jawa Barat

Bandung, 11 Februari 2023 menjadi hari bersejarah bagi keluarga besar Program Studi D3 Farmasi Politeknik META Industri Cikarang. Pasalnya dihari ini dua mahasiswa dari 4 mahasiswa D3 Farmasi Politeknik META Industri Cikarang berhasil berprestasi dalam Lomba Kompetensi D3 Farmasi yang diadakan oleh Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Jawa Barat di Sasana Budaya Ganesha ITB Bandung. Perlombaan ini diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan PAFI JABAR EXPO 2023. Kegiatan PAFI JABAR EXPO 2023 ini juga bertujuan memperingati HUT PAFI ke 77 yang jatuh pada tanggal 13 Februari 2023. Kali ini Politeknik META Industri mengirimkan 4 perwakilannya dari D3 Farmasi antara lain Lidyanti Pasha (2124008), Sri Rahayu (2124825), Titin (2124007) dan Diah Oktavia Ningrum (2124012). Perlombaan Kompetensi D3 Farmasi ini di selenggarakan dalam beberapa babak. Babak yang dilaksanakan antara lain Babak Tes Tertulis, Babak Praktikum dan Babak Grand Final.

Pada Babak Tes Tertulis ke empat perwakilan Politeknik META Industri Cikarang beserta seluruh peserta lainnya mengerjakan soal yang telah dibagikan oleh panitia melalui smartphone. Kemudian lanjutkan dengan Babak Praktikum, pada babak ini peserta dibagi beberapa kloter dan diminta untuk membuat sediaan serbuk dan salep beserta jurnal perhitungannya. Kemudian diumumkan 5 besar dari sekitar 50 peserta dan 2 perwakilan Politeknik META Industri atas nama Lidyanti Pasha (2124008) dan Sri Rahayu (2124825) berhasil masuk ke 5 besar grand finalis. Selanjutnya para grand finalis akan mengikuti Babak utama yaitu Babak Grand Final untuk memperebutkan juara 1 sampai 5. Pada babak grand final ini peserta akan diminta menjawab dalam dua cara yaitu bergantian memilih paket pertanyaan secara acak dan menjawab dengan rebutan. Lalu pada akhirnya terpilihlah para juara yang dilihat dari nilai tertinggi. Perwakilan Politeknik META Industri Cikarang atas nama Lidyanti Pasha (2124008) berhasil menjadi Juara Pertama dan Sri Rahayu (2124825) berhasil mendapatkan Juara Kelima. Kemenangan perwakilan Politeknik META Industri Cikarang ini juga tidak lepas dari bimbingan dari dosen pembimbing sekaligus Kepala Program Studi D3 Farmasi, Elsa Marliana, S.Farm., M.Farm.

Pada hari berikutnya seluruh perwakilan, pemenang dan dosen pembimbing dari Politeknik META Industri Cikarang diundang ke acara puncak PAFI JABAR EXPO 2023 untuk menerima hadiah secara langsung. Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua PP PAFI, Ketua PD PAFI Jawa Barat dan Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Adapun hadiah yang diterima oleh pemenang Juara Pertama adalah Tropi, Uang Pembinaan, Smartphone dan Sertifikat. Sedangkan untuk Juara Kelima mendapatkan Smart Watch dan Sertifikat. Dengan prestasi yang diraih kali ini harapannya membuka jalan dan menambahkan semangat bagi mahasiswa Politeknik META Industri Cikarang yang lain untuk meraih prestasi yang sama maupun lebih. (Adian Wihariono Putera / M&H)